Headlines News :
Home » , , , , » Gaya Pemimpin Demokrasi Jarang Ditemukan Dalam Kepemimpinan

Gaya Pemimpin Demokrasi Jarang Ditemukan Dalam Kepemimpinan

Written By Aweida Papua on Kamis, 03 Mei 2018 | 20.54


Gaya Pemimpin Demokrasi Jarang Ditemukan Dalam Kepemimpinan
Ditulis Oleh: Jachob T Gobai 

Aweida Papua--Dalam kehidupan demokrasi ini setiap individu mempunyai gaya dan cara kepemimpinannya tersendiri tanpa bantuan dari pihak manapun atau dari orang lain yang ada disekitarnya. Sejak kita dilahirkan oleh sang Ibu secara langsung kita diberi kebebasan untuk menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang dilahirkan bukan pemimpin yang diciptakan dan dipaksakan dalam kehidupan demokrasi. Dan setiap pemimpin memerlukan proses kepemimpinannya agar hidup dan kehidupan manusia menjadi dinamika sosial yang terstruktur dan terpimpin. Konteks demokrasi ini setiap individu berhak mengemukan pendapat dan bebas menyatakan sikap positif demi pembaharuan dan perubahan hidup pribadi dan sesama.

Sementara ini, beberapa negara di dunia masih menganut sistem demokrasi, termasuk Indonesia. Dan penerapan demokrasi wajib dirasakan oleh semua orang yang ingin menjadi pemimpin. Misalnya, setiap orang ingin menjadi pemimpin pada suatu wilayah, daerah, distrik, kampung dan negara pada umumnya dalam kehidupan demokrasi ini. Dan untuk menjadi seorang pemimpin biasanya setiap bakal calon diberi kesempatan untuk merancang, menata dan memaparkan Visi, Misi dan program kerja lima tahun mendatang.

Setelah mendapatkan kemenangan melalui proses pemilihan biasanya melakuakan syukuran atas keberhasilannya, tetapi selama kepemimpinannya tak satupun program kerja yang dapat menyentuh hati rakyatnya. Setiap pemimpin pada dekade ini terlihatnya mereka teridentifikasi bermasalah dan memimpin tanpa kapasitas untuk membagun pemerataan pembangunan sesuai kemauannya. Gaya Pemimpin yang berjiwa otoriter dan diktator, bagi rakyat akan terasa ketidaknyamanan bagi seluruh rakyat-Nya yang ada didalam lingkup kepemimpinannya.

Semua orang berhak menjadi pemimpin dan setiap bakal calon pemimpin memiliki pengalaman dan pengabdian tetapi sangat riskan untuk menjadi pemimpin yang ideal, karismatik, idola bagi rakyatnya. Rakyat akan terasa kekaguman dan bangga pada proses kepemimpinannya bila pemimpin memiliki integritas, kompetensi, sikap posif dan memiliki nilai-nilai Iman, Moral dan kultur termotivasi didalam dirinya.

Kepemimpinan dalam konteks demokrasi ini semua pemimpin rata-rata terjerat oleh karena kebiasaan hidup pemimpin yang memimpin sewenang-wenang dan selalu melakukan praktek kolusi, korupsi dan nepotisme (KKN). Kebiasaan hidup seperti itu menandakan bahwa setiap pemimpin selalu mengutamakan kepentingan individu ketimbang kepentingan rakyatnya.

Rasa egoisme yang tertanam didalam diri seseorang membuat kehilangan akal dan termotivasinya kepentingan paham materialisme dalam kehidupanya sehingga rakyat semakin menderita dan dijerit oleh karena watak pemimpin yang belum terdidik secara Iman, moral dan budaya. Dimana-mana setiap pemimpinan yang ideal, kharismatik dan idola bagi rakaytnya jarang ditemukan. Itulah sebabnya rakyat yang memiliki hak untuk memili pemimpin tentunya mereka menilai gaya pemimpin yang memiliki segala potensi yang dimilikinya.

Biarlah setiap anak bangsa diberi kebebasan untuk bebas berdemokrasi menjadi pemimpin yang ideal, kharismatik, idola dan menjadi pemimpin terpopuler dan dikagumi oleh rakyatnya. Pemimpin harus bebas dari kebiasaan hidup praktek Kolusi Korupsi Nepotisme (KKN) guna melayani dan mengabdiakan diri untuk kepentingan semua golongan dalam kehidupan demokrasi agar pemerataan kesejahteraan, keadilan dan kebahagiaan terus dirasakan dalam kehidupan demokrasi.

Disposkan: Aweida Papua
Share this article :

.

.

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

TRANSLATE

RENUNGAN HARIAN

VISITORS

Flag Counter

BIRD OF PARADISI

MELANESIA IS FASIFIC

MELANESIA IS FASIFIC

MUSIC

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD
 
Support : AWEIDA Website | AWEIDANEWS | GEEBADO
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Aweida Papua - All Rights Reserved
Template Design by AWEIDA Website Published by ADMIN AWEIDA