Headlines News :
Home » , » Ro Teimumu: Menunjukkan dukungan Bagi Rakyat Papua Barat

Ro Teimumu: Menunjukkan dukungan Bagi Rakyat Papua Barat

Written By Aweida Papua on Rabu, 22 April 2015 | 17.50

Ro Teimumu
AWEIDA-News, Pemimpin Oposisi Ro Teimumu Kepa telah meminta semua rakyat Fiji untuk menunjukkan dukungan terhadap sesama Melanesia saudara dan saudari kami dari Papua Barat yang telah menderita selama 50 tahun terakhir.

“Selama ini kita mendukung Papua Barat, kita tahu masalah adat dengan rakyat Papua, dalam hal ini pemerintah kita yang tidak mendukung perjuangan mereka,” kata Ro Teimumu.

Panggilan datang setelah peluncuran kampanye pertama di Inggris selama akhir pekan, dimana pendukung menyerukan rakyat Fiji dan negara-negara Pan-Pacific mendukung saudara-saudari kami papua barat untuk menyatukan bergandengan tangan untuk membawa Papua Barat kembali ke keluarga melanesia Pacific.

Yang dipimpin, Tua Benny Wenda yang asingkan Barat pemimpin pro-kemerdekaan Papua barat, Benny Wenda yang mana mereka juga meluncurkan kantor kampanye Free West Papua dibeberapa negara.

Surat dukungan yang telah kirim kepada Menteri Luar Negeri Ratu Inoke Kubuabola tidak menanggapinya. Kata dia, ia tidak bisa mengkonfirmasi posisi Fiji mengenai isu tersebut, sedangkan anggota oposisi di Fiji juga mendesak dukungan pemerintah harus dilakukan untuk Papua Barat. 

“Jadi kami sangat mendukung mereka dalam hal ini, kami berharap MSG akan mencoba dan menjadi lebih proaktif dalam hal bantuan dan lobi yang bisa mereka lakukan dengan saudara-saudari dari Papua Barat juga bagian dari kita,” kabarnya.

“Kami meminta semua Rakyat Fiji untuk menjaga dan mendukung rakyat papua dalam doa-doa karena mereka benar-benar membutuhkan dukungan spiritual kita. Karena kita tidak bisa hadir secara fisik pada pertemuan MSG,” tambahnya.

Situs resmi dari kantor Benny Wenda menyatakan bahwa warga Papua Barat menyerukan semua Negara-Negara Melanesia dan Pan-Pacific saudara-saudari kami untuk menyatukan dan membawa Papua Barat kembali ke keluarga Pacific.

“Kami sebagai orang Melanesia Papua Barat mau untuk bertahan hidup, untuk menjadi aman dan untuk menjadi bebas dinegara kita sendiri oleh karena itu, kami tidak dapat melanjutkan hidup dengan Indonesia dimana kita tidak aman dan di mana ada hanya membunuh dan memenjarahkan bagi kita,” kata Mr Wenda.

"Kita tidak ingin kami Melanesia Papua Barat untuk dihapus dari muka bumi.

Oleh karena itu, sekarang waktunya untuk membawa Papua Barat ke MSG sebelum terlambat waktunya, kembali ke akar-akar dan kembali ke keluarga kami dalam kelompok ujung tombak Melanesia dan sebagai bagian dari keluarga Pasifik yang lebih luas.

Namun Menteri luar negeri Ratu Inoke Kubuabola tidak menanggapi pertanyaan tentang masalah yang dikirim melalui email tapi ia mengatakan Parlemen bulan lalu dia tidak bisa mengkonfirmasi posisi Fiji dengan masalah West Papua.

“Aplikasi akan dipertimbangkan oleh pejabat senior MSG dan kemudian naik kepada para menteri luar negeri dan diteruskan kepada para pemimpin MSG,” katanya.

“Pertemuan ini akan berlangsung pada bulan juli di Honiara tahun ini. Jadi kita harus mengikuti proses itu. Begitu pembicara saya dan tidak bisa mengkonfirmasi jika Pemerintah Fiji akan mendukung aplikasi dari Papua Barat,” jelasnya.

“Pertemuan ini akan berlangsung pada bulan Juli di Honiara tahun ini. Hingga kini posisi Fiji belum memastikan apakah Fiji akan mendukung Papua Barat untuk anggota MSG atau tidak.”

Diharapkan kepada rakyat Bangsa Melanesia, West Papua diambil bagian dalam dukungan doa bagi Negara-negara Fasifik yang akan dibicarakan persoalan west papua dalam rangka pertemuan Melanesia Spread Group (MSG) pada bulan juli mendatang, di kepulauan Salomon Island, Kota Honihara. (AWEIDA)

Disposkan: AWEIDA-News
Share this article :

.

.

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

TRANSLATE

RENUNGAN HARIAN

VISITORS

Flag Counter

BIRD OF PARADISI

MELANESIA IS FASIFIC

MELANESIA IS FASIFIC

MUSIC

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD
 
Support : AWEIDA Website | AWEIDANEWS | GEEBADO
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Aweida Papua - All Rights Reserved
Template Design by AWEIDA Website Published by ADMIN AWEIDA