Headlines News :

.

.
Home » , , , » Doa Puasa Mengubah Situasi

Doa Puasa Mengubah Situasi

Written By Aweida Papua on Minggu, 08 Oktober 2023 | 05.01

Langkah Doa Puasa Mengubah Situasi. 

Doa puasa dapat diperlukan setiap individu maupun secara kolektif. Doa puasa dengan hati yang terbuka dan tulus memulihkan negeri dan melumpuhkan kuasa gelap yang ditutupi diatas negerinya masing-masing bangsa. Setiap makhluk hidup terutama manusia adalah oknum yang ditempatkan TUHAN sehingga perlunya ada tindakan individu maupun kolektif dapat dipikirkan dan diterapkan untuk keselamatan semuanya. 

Tindakan DOA PUASA dilakukan dengan niat yang tulus dan kerendahan hati. Sebab Doa Puasa adalah suatu hubungan yang dilakukan oleh orang beriman untuk berkomunikasi kepada TUHAN dengan cara menyiapkan diri secara pribadi agar kita dapat memfokuskan tujuan untuk lebih dekat lagi dengan TUHAN. 

#Doa Puasa Memerlukan Ruang dan Waktu. 

Doa puasa Yesus
Doa puasa yang dapat dilakukan segenap bangsa bagian dari tindakan secara kolektif tanpa terkecuali. Sebab memohon kepada Allah Nenek Moyang bahwa harapan dan keselamatan hidup bangsa dapat diperoleh didalam diri-Nya. Dengan demikian, setiap orang wajib memastikan keadaan hidupnya untuk ruang dan waktu doa puasa yang dapat dipergunakannya. Entah berdoa puasanya berjangka waktu pendek, menegah dan atau panjang sangat tergantung keadaan hidup seseorang. Dan ruang dipergunakan untuk doa puasa juga bagian dari kehendak masing-masing orang. Entah ruang doa puasanya dalam kamar rumah, didalam gereja, pergi kedalam hutan belantara dan atau puncak gunung. Jadi rencana doa puasa dapat dipastikan ruang dan waktu terlebih dahulu sebelum bangun relasi spontan kepada Allah didalam nama TUHAN YESUS. 

Doa puasa yang dimaksudkan adalah suatu permohonan yang dapat memperoleh kekuatan dan keberanian untuk mengahadapi situasi. Doa puasa yang dilakukan TUHAN YESUS menjadi kebutuhan umat Kristiani terlebih khusus bangsa tertentu dalam kondisi penantian ini. Ruang dan waktu yang dipergunakan untuk DOA PUASA tentunya, Roh Allah senantiasa berperan didalamnya. Kemudian Doa puasa tidak perlu diketahui kepada sesama tetapi diarahkan lebih berkonsentrasi dengan pikiran, perasaan dan hati kita sepenuhnya pada TUHAN supaya setiap permohanan doa puasa diketahui Allah yang tersembunyi (Matius 6: 16-18). 

#Doa Puasa Memelukan Ketegaran Iman

Tantangan dan pencobaan tentu akan dilalui bersama, sebagaimana TUHAN YESUS lebih dulu dialami ketika IBLIS datang dengan pencobaan. Saat kita dalam kondisi DOA PUASA  tentu kita akan dicobai IBLIS untuk menguji IMAN kita. Disitulah TUHAN YESUS menjadi pemenang dari pencobaan IBLIS setelah berpuasa 40 hari dan 40 malam. Sebagai dasar untuk perenungan kita dapat dipelajari dalam kitab (Matius 4:1-10). 

Kita menjadi pemenang dan atau penakluk dari tantangan dan cobaan sangat tergantung kekuatan IMAN kita. Sebab kita dalam kondisi DOA PUASA kita akan dicobai IBLIS dalam bentuk apa saja. Asalkan pelaku DOA PUASA tidak mudah jatuh kedalam tantangan dan pencobaan IBLIS untuk memperoleh keberanian dan kekuatan sebagai alat memulihkan negeri dengan tindakan IMAN didalam TUHAN YESUS. 

#Doa Puasa Memerlukan Pertobatan

Doa Puasa Pemulihan
Sebelum doa puasa dilakukan, setiap orang perlu mengoreksi diri atas perbuatan melawan kebenaran. Tanpa pertobatan dari pelanggaran dan dosa tentu harapan akan menjauh. Seruan untuk bertobat dari unsur-unsur dosa dapat diutamakan bagi bangsa yang menghendaki kemerdekaan hidup. Kita harus membiarkan totalitas hidup kita kedalam tangan TUHAN. Kita berbalik kepada TUHAN dengan menangis dan mengaduh demi pemulihan total kita. Allah yang kita IMANI adalah penyayang, pengasih, penolong, dan penyelamat kepada setiap suku bangsa, entah dalam kondisi apapun umatnya. Baca dan renungkan kitab (Yoel 2: 12-17).

#Doa Puasa Bagian Dari Ibadah Yang Sejati

Entah dalam situasi genting sekalipun, kita wajib beribadah dan bersekutu sebagai anak-anak TUHAN. Dengan hati yang penuh damai dan bebas dari dosa dapat menentukan nasib hidup kita melalui pertolongan dari Roh Allah. Ibadah yang sejati dapat mengantarkan kita pada jalan menuju kemerdekaan hidup; oleh karena dorongan Roh Kudus. 

#Manfaat Berdoa dan Berpuasa

1. Berdoa Puasa Membantu Pertobatan kita. 

Segala pelanggaran dan dosa kita disucikan dan dikuduskan oleh curahan darah Yesus Kristus di Kayu Salib. Didalam kitab (Yoel 2:12) adalah bagian dari ajakan kepada kita supaya berbalik kepada TUHAN dengan cara bertobat melalui doa puasa kita. 

2. Puasa Membantu Kita Semakin Rendah Hati

Dengan doa puasa, kita bisa memiliki rendah hati melakukan tugas dan pelayanan kita. Dengan doa puasa, segala keinginan daging kita dapat diubah dengan tindakan lemah lembut untuk kondisi fisik maupun rohani. Sebab doa puasa bagian dari relasi spontan dengan Allah dengan tujuan pemulihan diri dan sesama. Marika kita baca dan renungkan didalam kitab (Ezra 8:21).

3. Puasa Membantu Kita Mengetahui Kehendak Tuhan.

Ketika kita dalam kondisi tidak mengerti maksud dan kehendak TUHAN, kita dapat manfaatkan waktu tertentu dengan cara tidak makan dan minum selama beberapa hari, minggu dan atau bulan tergantung keadaan hidup setiap orang. Dimana Nabi Musa memanfaatkan ruang dan waktu membangun komunikasi kepada Allah dengan cara tidak makan dan minum selama empat puluh hari dan empat puluh malam sebagaimana dijelaskan  dalam kitab (Keluaran 34:28).

#Jenis-Jenis Doa Puasa 

1. Doa Puasa Penuh (Tidak makan dan minum) sangat tergantung pilihan setiap orang menentukan berapa hari melakukan doa puasa. 

2. Doa Puasa Sebagian (Tidak Makan dan bebas untuk diminum). 

3. Doa puasa saat kondisi buruk. (ingin berubah kehidupan gelap ke terang) soal pikiran, perasaa  dan tindakan . 

Kekuatan Musa
Dengan doa puasa secara pribadi maupun sesama akan menentukan keselamatan hidup kita. Doa puasa dengan keterlibatan dari Allah yang kita percaya didalam nama TUHAN YESUS mengubah keadaan  hidup kita pada kondisi penantian ini. Entah kehidupan secara jasmani maupun rohani  dapat diperlukan kekuatan IMAN dari tantangan dan pencobaan yang menimpa di tengah-tengah kehidupan kita. Oleh karena itu, jangan pernah kita mencintai sesuatu yang salah, kotor dan dosa yang dipelihara didalam kehidupan gelap ini. Satukan barisan dan menyatakan sikap positif melalui DOA PUASA demi kelangsungan hidup mengejar harapan dan keselamatan kita bersama. 

Semoga dengan DOA PUASA kita dapat mengubah keadaan  hidup kita tanpa terarus kedalam kejahatan yang mencobai segenap bangsa terkini. Tetapi atas pertolongan dan pemulihan dari Allah dapat membawa kita pada jalan keselamatan dengan adanya DOA PUASA kita. Hanya Allah yang kita percaya dan Imani didalam nama TUHAN YESUS menyatakan mujizat kemerdekaan hidup dari tantangan dan  percobaannya diatas negeri yang ditempatkan ini. 

Sumber: Aweida Papua

Share this article :

.

.

HOLY SPIRITS

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

TRANSLATE

VISITORS

Flag Counter

MELANESIA IS FASIFIC

MELANESIA IS FASIFIC

MUSIC

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD
 
Support : AWEIDA Website | AWEIDANEWS | GEEBADO
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Aweida Papua - All Rights Reserved
Template Design by AWEIDA Website Published by ADMIN AWEIDA