Headlines News :
Home » , , , , » Refleksi Bebas: Mahasiswa STT-WPJ Bercerita Tentang Kelahiran Yesus Kristus

Refleksi Bebas: Mahasiswa STT-WPJ Bercerita Tentang Kelahiran Yesus Kristus

Written By Aweida Papua on Minggu, 10 Desember 2017 | 18.42



 


Refleksi bebas
“Mahasiswa STT-WPJ bercerita tentang kelahiran Yesus Kristus
===================================================

1.   Pendahuluhan
Setiap Manusia mempunyai refleksi bebas tentang cerita kelahiran Tuhan Yesus kristus, apa sih yang dimaksud dengan orang bernatalan?, dan apa yang membuat orang merayakan natal. dan pandangan demikian banyak macam refleksi dan rensponsi manusia itu selalu ada, baik itu secara personal maupun secara kelektif yang hubunganya  dengan makna natal tentang kelahiran Yesus Kristus pada bulan Natal. memasukinya natal yang adalah bulan yang  special khususnya bagi  umat kristiani, dan hal ini biasanya dirayakan  oleh setiap orang percaya, dan itu menjadi tradisi kekristenan dari zaman dahulu hingga masa kini, oleh sebab itu. mahasiswa STT-WPJ berkesempatan untuk duduk membagi ceritra tentang makna natal.

Natalan secara simbolis sejarah bermula dari dunia barat.  Dan disitu sudah mulai memperkenalkan dan mengembangkan natalan, yakni pertama pada Dunia Eropa, Amerika, dan menyebarkan ke seluruh di dunia lainya yang ada, sampai dengan disaat ini.

Adapun setiap manusia mempunyai sebuah refleksi pandangannya sendiri apa sih yang dimaksud dengan dengan natal? , maka pada hari jumaat pada tanggal (8-/12/2017) melalui refleksi bebas, mahasiwa STT-WPJ telah berceritra tentang kelahiran yesus kristus dari sudut pandang teologi Alkitabiah, Apa sih?  Refleksi bebas.  “mahasiswa STT-WPJ bercerita tentang kelahiran Yesus Kristus” ada beberapa cerita yang diceriterakan oleh   mahasiswa manurut pandanganya sendiri, 

2.   Refleksi natal menurut (Peni Kayame)
“Allah memberikan terang kepada manusia”
yang terambil dari kitab (yesaya 9:1) “ bangsa yg berjalan dalam kegelapan telah melihat terang yg besa  sebelum yesus lahir di kandang sapi semua manusiac tinggal dlm kegelapan,  mereka tidak tau membedakan  ini baik, jahat. mereka tidak tau tentang terang itu? dan mereka tidak bisa berfikir tentang sang kelahiran,  tapi. yesaya nubuatkan tentang  terang yang akan terjadi itu. karena yesaya juga tau bahwa mesias yang akan lahir itu akan membawa terang dan ia memberikan terang kepada bangsa-Nya, sehinngga nubuatan yesaya tentang terang itu, tergenapi pada  ketika yesus lahir dikandang sapi  dan malaikat malakaikat  berkata hari ini telah lahir bagimu juruslamat yaitu Kristus Tuhan di kota daud. jadi dia membahwa terang kepada umatnaya. dan terang itu Yesus sendiri yang lahir, oleh sebab yesus datang memberikan terang kepada bangsanya, ciptaannya, dan mereka yg tinggal didalam kegelapan itu.

3.  Refleksi menurut (Sirwanus Yogi)

“Yesus kristus mengasihi semua manusia”
Kelahiran yesus kristus adalah suatu makna yang paling ensensil dalam kehidupan manusia. Dia salah satu pribadi Allah yang maha-tinggi, yang tinggal  di surga, tapi. Dia dating menjelma menjadi manusia untuk menyelamatkan umat manusia itu dari kesesakan, penderitaan, dan masalah hidupnya manusia  untuk  memperoleh terang sambil menerangi setiap manusia. untuk melihat terang ajaib yang disedikan oleh Allah dalam kehidupan manusia itu dengan kasih yang begitu besar yang terambil dari yohanes 3: 16, yang dalam teks-nya menyatakan bahwa “karena begitu besar kasih ALLAH akan dunia ini, supaya setiap orang percaya kepdanya  tidakbina, melainkan memproleh hidup yang kekal”. jadi berdasarkan ayat ini. kami mengatakan bahwa yesus lahir kedunia karena  kasih-Nya yang begitu besar atas dosa dan pelanggaran yang telah dibuatnya oleh manusia, yang  sifatnya menyimpan dan menyeleweng dari segalah kebenaran Firman Tuhan yang diajarkan oleh Tuhan di masa lampaui. hal ini terfokus pada manusia karena manusia adalah hasil ciptaan diciptaan Tuhan menurut gambar dan rupanya, melaui kehadiran Yesus ke bumi memberikan suatu pengharapan dengan kasih yang penuh sempurna dan berpengharapan dari Allah di tempat yang mahatinggi. dan Dia akan menemani setiap langka kehidupan orang percaya selanjutny, dan dia akan terus menyertai kami dalam setiap langka kehidupan manusia  dimanapun dan kapanpun manusia menjalani hidupnya.

4.  Refleksi menurut (Niel Gobay)

“Mencari dan menyelamatkan yang hilang”
yang terambil dari injil (lukas  19: 10) berdasarkan teks Firman Tuhan ini. kami menyampaikan bahwa, di dalam dunia ini dari  sejak zaman dahulu ketika manusia itu  jatuh kedalam dosa, tidak ada pertolongan yang datang dari seseorang untuk menyelamatkan manusia yang tinggal dalam kegelapan, maka itu, ketiga trinitas yakni Allah Bapak. Allah Anak, dan Allah Roh Kudus berdiskusi  mengenai siapa yang akan turung ke dunia? untuk menyelamatkan  dan membawah terang kepada manusia?, sehingga anak manusia yaitu Yesus Kristus  datang kedalam dunia untuk memberikan jaminan keselamatan di dalam Yesus itu sendiri. Jadi menurut saya bahwa melalui refleksi natal ini kami didorong oleh Tuhan untuk tetap tinggal dalam Tuhan Yesus, supaya Tuhan Yesus Kristus itu tetap menyertai  setiap orang percaya.

5.  Refleksi natal menurut (Obaja Badi)

Kasih Tuhan Melalui Yesus kristus
Firman Tuhan yang terambil dari yohanes 3: 16. Dengan kasihnya yang mahabesar, Tuhan  telah menyerakan anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia  dengan penuh  kesungguhan, dengan segenap hati yang paling dalam dari kepada manusia yang adalah ciptaan-Nya.
Kasih itu sungguh luar bisa, melalui kasih itu umat-Nya telah mendapatkan harapan dan cukacita yang luar biasa. Supaya setiap orang percaya tersebut dapat menerima suatu kebahagian dan gembiraan melalui natal yang sedang  merayakan ini , oleh karena itu,  kasih Tuhan selalu ada dalam kehidupan menusia dari zaman dahulu sampai dengan masa dewasa kini.
Dengan kasih-Nya yang telah dianugrakan itu orang bisa memuji dan memulihakan-Nya atas karya penyelamatan yang ajaib, dan luar biasa yakni anak yesus kristus telah datang kedalam dunia.

         6.    Refleksi Natal menurut (Semi Gobay)

Allah mengutus Malaikat Gabriel untuk memberitahu tentang makna natal tentang sang kelahiran Yesus Kristus lewat Maria. Hal menggenapi hukum Allah atau janji-Nya kepada manusia setelah manusia pertama jatuh kedalam dosa. sala janji keselamatan  seorang Anak Manusia melalui “keturunan perempuan ini  meremukan kepada dan tumit” hal ini terdapat dalam (kejadian  3: 15). bahwa nantinya melalui keturunanya perempuan ini akan melahirkan seorang yang akan menyelamatkan manusianya pada masa berikutnya, shinga dengan terbuktinya begitu yesus harus turung ke dunia untuk menyelamatkan, dan menyertainya dari berbagai cenkraman masalah dan persoalan.
Jadi Maria adalah seorang yang Tulus Hati pada zamanya di yerusalam isralen dengan demikian Yesus harus datang melaui perempuan itu Maria dalam kandungan seperti bayi. Yesus harus mengandung bukan secara hubungan sek biologis secara manusia, namun. Ia mengandung dan melahirkan seorang Anak  dari Roh Kudus dari Allah. sama hal juga dengan suaminya, dia adalah seorang yang tulus hati dan menjaga kekudusan  adanya, sehingga Tuhan Allah memakai Yusuf dan Maria untuk menerima Yesus, sekalipun keduanya secara kepribadian sifat manusianya menolak semua karena manusia hal ini adalah tak munkin. namun. Semuanya karena rencana Tuhan telah terjadi janji Allah tersebut.
Tuhan tak melihat ganteng dan cantik, namun. Tuhan pandang  ketulusan hatinya Maria, sehingga malikat Allah datang memberitahunya tentang kelahiran Tuhan Yesus.
Kemudian bagi Maria hal ini adalah suatu hal baru dalam hidupnya, menerima dia Yesus kristus adalah Tuhan dan yuruselamat umat manusia dari berbagi macam suku,  ras, golongan, kebudayaan, dan bangsa. Supaya lewat Dia Tuhan Yesus yang lahir ke bumi akan menyelamatkan kita semua.

7.  Refleksi natal menurt (Absalom Gobay)

“Nubutan Yesaya Tentang Kelahiran Yesus Kristus”
menurut saya bahwa di dalam teks Alkitab (yesaya 9: 5-6), adalah bagaimana nubuatan yesaya kelahiran Tuhan yesus yang adalah Allah yang kekal, raja damai, dan penasehat kedalam dunia, ayat ini janji sesuai dengan janji awalnya kepada manusia pada ketiga manusia pertama jatu kedalam dosa di dalam kitab kejadiaan, oleh karena pelanggarannya yang di buat pertama Adam dan Hawa, tentang janji keselamatan Manusia yang telah jatu ke dalam dosa. Maka beberapa tahun berikutnya Tuhan Allah beritahu lewat Nabi Yesaya untuk menubuatkan tentan kelahiran Yesus Kristus.
Teks yang telah ambil dalam (yesaya 9:5-6.) kalau kita menyelidiki lebih   mendalam kepribadian yesus yang akan datang, menurut Yesaya bahwa sebaimana disebutkannya , Dia adalah raja damai, penasehat ajaib, dan Allah yang kekal. jadi Yesus Kristu bisa bilang dia Anak Allah dan Dia Allah sesungunhny, kemudia terdapat dalam (matius 1:21) Dia telah lahir sebagai imanuel yang akan meyertainya, Dia ada seblum dunia ada, jadi lambang pemerintahannya ada diatas bahunya dia lebih besar.
Yesus adalah Raya yang mengambil seperti rupa manusia, yakni orang sebut penasehat ajaib., raja damai, dan Allah yang kekal. Jadi tidak salah dalam berbagai macam hal dalam hidupnya. tentang motivasi tentang kehidupan rohani setia orang percaya,yang ada dimuka bumi.
Intinya bahwa yang dinubuatkan itu tak pernah salah tentang nasehat, kekuasaan, keperkasaan, dan keagunanya. dan itu sudah tergenapi dalam kita pada masa perjanjian baru di dalam injil Yesus Kristus itu sendiri.

8.  Refleksi natal menurut (Akulian Mote)

    “Yesus lahir memberharapan hidup.”
     (lukas 2: 11) ketiga hubungan persekutuan  yang sempurna antara Allah dan manusia terputus, karena melanggar perintah Tuhan atas kehidupan manusia, hubungan yang sempurnanya tadinya terputus, dan manusia mendapatka kutukan yang begitu luar biasa kepada munusia, untuk menghubunkan hubungan yang terputus itu, maka Yesus harus hadir kedalam dunia ini, dapat menolong dan menyelamatkan umat itu yang ada dalam dunia yang penuh dengan berbagai masalah dan persoalan. Saya percaya bahwa dengan kehadiran Tuhan Yesus yang telah datang dan lahir di betlehem ini akan menolong, member pengharapan yang sempurna kepada manusia, supaya manusia mendapakan keselamatan dari pada Tuhan.

9.    Refleksi natal menurut (Alpons Gobai)
“mengapa yesus datang ke dalam dunia”
Teks yang terambil dari (matius 1 : 18-21) . Ada dua alasan utama yesus datang kedalam dunia:
A. pasal 1 : 2b , jadi menurut saya disitu Kehadiran Tuhan Yesus Kristus, untuk menyelamatkan manusia, sesuai dengan Janji Allah, dalam Alkitab kejadian  bahwa “melalui keturunan perempuan ini akan meremukkan kepala iblis, dan lain sebagainya. dan ceritera ini adalah janji keselamatan oleh Allah bagi umat-Nya secara  terus menerus di dalam sejara keselamatan bangsa israel,  lalu diteruskan kepada para nabi sampai dengan pengenapannya. yang terjadi pada waktu kelahiran Yesus Kristus di Betlehem sampai dengan hari,  umat Tuhan telah memperingatinya.
B. makna yang kedua tujuan kehadiranya di bumi selainya menyelamatkan-Nya, Dia mau menyertai. jadi yang disitu juga dikatakan “imanuel”,  kehadiran Tuhan Allah dibumi untuk mau menyertai manusia pada umumnya dan khususnya umat piliha-nya sendiri israel. supaya melalui Dia semua manusia memperoleh keselamtan, kemerdekaan, dan keadilan di dalam Yesus Kristus adalah Allah yang hidup dan berkuasa.

10.   Kesimpulam
Yesus adalah Sang Natal yang patut kita dapat puji dan memulikan akan namanya supaya semua orang yang percaya padanya tidak binasa melaikan memproleh hidup yang kekal bersama Tuhan yesus kristus yang adalah putra Natal penyelamat Manusia. (Teks 3: 16)


Disposkan: Alfons Amoye Gobai (Aweida Papua)
Share this article :

.

.

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

TRANSLATE

RENUNGAN HARIAN

VISITORS

Flag Counter

BIRD OF PARADISI

MELANESIA IS FASIFIC

MELANESIA IS FASIFIC

MUSIC

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD
 
Support : AWEIDA Website | AWEIDANEWS | GEEBADO
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Aweida Papua - All Rights Reserved
Template Design by AWEIDA Website Published by ADMIN AWEIDA