Headlines News :

.

.
Home » , , , , , » LOT HAMPIR TIDAK MENERUSKAN KETURUNAN

LOT HAMPIR TIDAK MENERUSKAN KETURUNAN

Written By Aweida Papua on Sabtu, 09 September 2023 | 20.40

Lot Diminumkan Anggur
Kedua Anaknya

LOT Hampir Tidak Meneruskan Keturunan. 

Peristiwa Sodom dan gomora serta Lot dapat diselamatkan. Setelah Sodom dan Gomora dimusnahkan dengan Api dan belerang. Maka Lot anak dari Haran yang sempat ikut bersama Abraham itu hampir tidak memiliki keturunan. Lot dan kedua anak perempuan yang selamat dari musibah itu. Dan istri LOT namanya LUTH juga ikut mati kedalam musibah Sodom dan gomora.

LOT belum memiliki anak laki-laki sebagai penerus keturunan hingga mereka berdiam di gua. Kedua anak perempuan itu merasa tidak ada gunanya bila ayah mereka Lot tidak mempunyai keturunan. Untuk mendapatkan keturunan dari LOT, kedua anaknya mengakali demi meneruskan keturunan LOT, sehingga LOT diminumkan anggur oleh kedua anaknya.

Dia dengan keadaan mabuk, anak pertama LOT tidur bermalam (bersetubuh) dengan ayahnya. Lot belum sadar, Ia bermalam dengan anaknya kerena dipengaruhi minuman anggur itu.

Kemudian anak pertama Lot mengajak adiknya yang kedua untuk tidur bermalam dengan ayahnya seperti yang dilakukan kakaknya. Tak lama kemudian, kedua anak LOT mengandung dan melahirkan MOAB dan AMON yang dimenjadikan penerus keturunan LOT. Cerita Alkitab didalam kitab (Kejadian 19: 30-38).
 
Cerita Alkitab tentang LOT bersama kedua anaknya, mungkin ada perintah Allah melalui kedua anaknya supaya LOT memiliki keturunan mereka. Secara budaya orang MEE tidak wajar kedua anak kandungnya tidur (beserubuh) bersama Ayah mereka hingga meneruskan keturunan begitu. Dan perbuatan seperti itu dianggap melanggar nilai budaya bangsa.

Hukum Positif Eksekusi 
Perbuatan Ayah dan kedua anaknya dinilai melanggar hukum  positif konteks budaya kita,  tetapi praktek budaya bangsa barat pada waktu itu mungkin dianggap berlaku dan diperbolehkan hingga LOT meneruskan keturunan mereka. 

MOAB dan AMON beranak cucuk hingga terbentuknya kerajaan MOAB dan AMON, kini negara Jordania dari keturunan LOT. Ibukota negara Jornian yakni kota Amman adalah raja AMON anak keturunan LOT itu. Tanah bagian Timur dari sungai Yordan dimiliki keturunan LOT, meskipun jauh sebelumnya penduduk SODOM dan GOMORA pernah dihuni. 

Sodom dan Gomora dimusnahkan karena akibat perbuatan mereka yang hidup didalam dosa perzinahan seperti homosex, tindakan polintri dan poligami yang merusak moral mereka.

Keturunan SODOM dan MOGORA kebanyakan dari keturunan dari HAM, anak dari NUH yang identik dengan kulit hitam dimusnahkan. Ham dikutuki ayahnya NUH karena kelihatan aurat ayahnya diceritakan kepada SEM dan YAFET (Kejadian 10: 6-20). Karena perbuatan HAM dikutuk, dan NUH memberkati SEM dan YAFET. Sementara HAM menjadi hamba bagi keturunan SEM dan YAFET sepanjang manusia hidup.

Karena keturunan HAM yang berkulit hitam dimusnahkan, berkembanglah keturunan LOT yang berasal dari SEM di Sodom dan Gomora termasuk Negara Yordania terkini secara umum. Jadi Negara Yordania mungkin kebanyakan dari keturunan LOT, dan Esau Edom yang menjadi bangsa Yordania terkini sesuai negeri yang mereka ditempati saat ini.

Dengan berkembangnya penduduk semakin banyak dan pernah ada penyerbuan antara bangsa-bangsa pada saat itu, maka Yordania terdapat banyak suku-suku ditempati terkini, entah dari bangsa Arab, Yahudi, Yunani, Palestina, Eropa dan lain-lain. Peristiwa sodom dan gomora mengingatkan bahwa sebelum hari kematiannya disusul, perlunya kita sadar mengikuti jalan TUHAN tanpa menoleh ke belakang.

Dapat disimpulkan bahwa apa yang dilarang TUHAN sesuai kontes budaya dapat dipertahankan tanpa dipengaruhi cerita tindakan Lot bersama kedua anaknya. Sebab setiap suku bangsa mempunyai nilai-nilai kehidupan kebenaran yang diberikan Allah kepada masing-masing suku bangsa. Dan kita harus menyadari bahwa peristiwa sodom dan gomora dimusnahkan bagian dari bahan perenungan untuk dicegah dari pelanggaran dan dosa demi keselamatan hidup. 

Disposkan: Aweida Papua
Share this article :

.

.

HOLY SPIRITS

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

TRANSLATE

VISITORS

Flag Counter

MELANESIA IS FASIFIC

MELANESIA IS FASIFIC

MUSIC

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD
 
Support : AWEIDA Website | AWEIDANEWS | GEEBADO
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Aweida Papua - All Rights Reserved
Template Design by AWEIDA Website Published by ADMIN AWEIDA