Headlines News :
Home » , » Tuan Michael Somare: Kami Melanesia Harus Membuat Pilihan yang Tepat untuk Papua

Tuan Michael Somare: Kami Melanesia Harus Membuat Pilihan yang Tepat untuk Papua

Written By Aweida Papua on Sabtu, 16 Juli 2016 | 00.28

 Michael Somare Mantan Perdana Menteri PNG
AWEIDA-News, Empat perdana menteri Melanesia dari Papua New Guinea, Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Fiji akan datang bersama-sama di Honiara, Kepulauan Solomon hari sebagai ketua Manasye Sogavare tuan rumah KTT ke-23 Melanesian Spearhead Group Leader khusus ini.

Somare mengatakan, dekolonisasi dan kemerdekaan negara Melanesia adalah proses pembebasan dekat dengan hati saya. Noumea misalnya, melambangkan mengejar kemandirian dan otonomi identik dengan hak-hak dan kebebasan yang tersedia untuk semua orang di abad ini.

"Sir Michael Somarem menyatakan bahwa dalam prakteknya kesepakatan itu memberikan bantuan teknis, pelatihan program untuk rakyat Kanaky masih berada di bawah kekuasaan berdaulat Perancis".

Pengaturan tersebut sudah memberikan kerangka hukum dan praktis untuk penduduk asli Kaledonia Baru untuk sepenuhnya menggunakan hak mereka untuk menentukan nasib sendiri, bahkan saat mereka merindukan kemerdekaan.

Keputusan kita dibuat pada KTT Pemimpin MSG 'selama dua hari ke depan akan menanamkan nilai-nilai dalam generasi masa depan orang Melanesia yang akan menganggap solidaritas kami dengan kekaguman jika kita membuat keputusan yang tepat mengenai dekolonisasi dan penentuan nasib sendiri.

Mulai hari ini kami akan menceritakan kisah kami sendiri, kisah hak konstitusional dan universal untuk melaksanakan kebebasan yang diberikan kepada kita pada saat kemerdekaan di masing-masing negara.

Hari ini kita dapat, dengan konsensus, memicu proses untuk lebih menentukan nasib sendiri untuk dinikmati oleh orang Papua Barat.

Ia menambahkan bahwa sebagai "Founding Father" Saya didorong oleh kemajuan yang dibuat sudah pada isu kunci dari keanggotaan penuh Papua Barat untuk MSG.

Saya terinspirasi bahwa MSG pejabat senior, menteri dan pemimpin akan mempertahankan konsensus meskipun beberapa masalah yang kompleks dan sensitif diplomatik, ekonomi, sosial, dan politik.

Konsultasi asli dan inklusif antara semua negara anggota MSG dan satu wilayah dalam mempertimbangkan jalan masa depan untuk dekolonisasi dan penentuan nasib sendiri bagi Papua Barat adalah penting sekarang lebih dari sebelumnya.

Kita bisa memperkuat MSG dan wilayah kami, yang meliputi Papua Barat, dengan memastikan bahwa para pemimpin Melanesia di Honiara menyetujui Gerakan United Liberation untuk aplikasi Papua Barat untuk keanggotaan penuh untuk MSG.

Kami adalah salah satu orang yang tersebar di berbagai benua dan lautan, dipisahkan oleh rentang laut dan gunung di yurisdiksi kedaulatan beragam.

Nenek moyang kita berkeliaran bebas di atas tanah kami bersama dan laut selama berabad-abad sebelum intervensi kolonial dan Kristen.

Kita harus memegang semangat dari masyarakat luas yang mendukung upaya modern kita dalam diplomasi dan kerjasama internasional dan dialog.

Semua negara anggota MSG dan satu wilayah telah mengalami beberapa tingkat pergolakan politik dan konflik sipil yang membutuhkan reformasi politik dan ekonomi yang menentukan dan deklarasi untuk transisi damai terjadi.

Ekspor sumber daya mineral dan komoditas pertanian tetap menjadi sumber utama pendapatan bagi semua negara dan satu wilayah di MSG.

Sehingga sangat penting bahwa kami berusaha untuk mempertahankan stabilitas politik dalam rangka untuk menopang keberlanjutan ekonomi dan lingkungan untuk kebaikan semua orang Melanesia.

Tapi sub-wilayah kita hanya bisa makmur ketika semua, ekonomi, masalah sosial budaya dan lingkungan politik dianggap dalam cahaya yang sama sesuai dengan kebutuhan semua orang-orang kita.

potensi pertumbuhan kami bergantung pada hubungan diplomatik dan resmi kami, hubungan kami dan hubungan kami ke seluruh dunia. Tetapi sebagai sekelompok orang etnis terkait kami selalu mengandalkan bicara, pertukaran dan partisipasi budaya.

Kami membawa fitur-fitur yang berbeda untuk setiap forum tapi minggu ini di KTT Pemimpin khusus MSG 'kami memiliki kesempatan unik lagi untuk memutuskan masa depan kita sendiri dengan integritas sebagai pemerintahan sendiri dan mandiri anggota dari blok sub-regional yang kuat, ungkapnya.

Lebih dari sebelumnya yang sub-region perlu menyertakan Papua Barat sebagai bagian integral dan, sebagai anggota sama-sama berpartisipasi. AL-D/MLM


Disposkan: AWEIDA-News


Share this article :

.

.

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

TRANSLATE

RENUNGAN HARIAN

VISITORS

Flag Counter

BIRD OF PARADISI

MELANESIA IS FASIFIC

MELANESIA IS FASIFIC

MUSIC

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD
 
Support : AWEIDA Website | AWEIDANEWS | GEEBADO
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Aweida Papua - All Rights Reserved
Template Design by AWEIDA Website Published by ADMIN AWEIDA