Headlines News :
Home » , , » ULMWP, Octovianus Mote : Isu Regional Papua Barat Di Pertemuan PIF

ULMWP, Octovianus Mote : Isu Regional Papua Barat Di Pertemuan PIF

Written By Aweida Papua on Rabu, 09 September 2015 | 02.58

Mr. Octovianus Mote dan Perdama Menteri
Salomon Island
Port Moresby, (07/09/12), wawancara sekjend ULMWP tentang isu regional Papua Barat di pertemuan Para Pemimpin PIF Ke-46, mulai tanggal 7 – 11 sepetember 2015, berikut ini adalah wawancaranya.

Sebagai pemimpin regional Papua Barat ini, berkumpul pekan ini di Papua Nugini dalam pertemuan para pemimpin Forum Kepulauan Pasifik. Pemimpin Pembebasan Papua Barat dan kampanye, Octo Mote, mengatakan dukungan untuk Papua Barat tidak pernah kuat. Karena, saya dikeluarkan dari ruangan pertemuan, hal ini sudah terjadi ketika di Fiji minggu lalu dalam pertemuan forum pengembangan kepulauan pasifik.

Mr Mote mengatakan berterimakasih media sosial, Papua Barat sedang menangis  untuk kebebasan, saat ini sedang mendengar seluruh wilayah dan pemimpin Pasifik, lebih sulit menemukan dan lebih sulit untuk mengabaikan dukungan yang dapat berkembang untuk Papua Barat, namun dukungan semua warga Negara pasifik sementara sangat kuat.

Dia mengatakan ini adalah seperti apa yang dikatakan kepada Menteri Luar Negeri Fiji, Ratu Inoke Kubuabola, ketika ia meminta Octo Mote untuk meninggalkan pertemuan Pengembangan Forum Pulau Pasifik di Suva,bulan lalu.

Octo Mote: Dengan tidak mengizinkan saya untuk berada di sini adalah mengejar bangsa saya keluar dari daerah ini. Dan saya berkata kepadanya bahwa, bangsa yang Anda mencoba untuk memblokir saya adalah bangsa yang akan mati. Dan Indonesia kolonial ini sudah menewaskan 500 ribu orang Papua asli Melanesia dan kita tahu pastikan bahwa hanya lima tahun dari sekarang kami (orang papua asli) akan menjadi hanya 25 persen. Jadi saya berkata, terhormat dengan hormat saya akan berangkat dari sini, tapi saya ingin memberitahu Anda dua hal. Salah satunya adalah bahwa, saya berjuang sebuah bangsa Papua, dan  pemerintah Anda mencoba untuk menghentikan kita (Papua) akan bebas. Kedua tidak ada bangsa atau tidak ada pemimpin yang dapat menghentikan kita (Papua) berjuang untuk kebebasan Papua Barat dari kolonial.

Koroi Hawkins: Sekarang Anda menuju ke Papua Nugini, ikut pertemuan PIF, apa agenda di Forum tentang Papua ?

Octo Mote: Dalam agenda, kami dibawah oleh  pemimpin  Perdana Menteri Taun Sogavare, yang sudah menunjuk kami utusan khusus Papua Barat. terhormat Matthew Wale, kami akan mendorong tiga agenda utama. Salah satunya adalah keanggotaan kami di PIF. Kedua kami meminta para pemimpin forum untuk memanggil Sekretaris Jenderal PBB, untuk menunjuk utusan khusus PBB dan melakukan penilaian masalah hak asasi manusia di Papua, selain penilaian hak asasi manusia oleh para pemimpin forum sendiri tim untuk kunjungi ke Papua. Dan kemudian agenda ketiga kami akan mendorong dan meminta  di meja PIF, agar Papua Barat daftarkan kembali ke komite dekolonisasi.

Karoi Hawkins: Untuk 53 tahun seperti yang Anda katakan, ini telah menjadi perjuangan dan melawan kekuatan dari Indonesia dan yang telah penanam kekuatan ekonomi. Tampaknya hampir di setiap segi ada sesuatu cobaan untuk melemahkan kekuatan bangsa anda, batu sandungan ditempatkan di jalan Anda. Apa yang membuat bangsa anda inign keluar, ? apa yang mendorong  dan apa ada yang bermain akhir-akhir ini ?

Octo Mote : Anda tahu itu, kita tidak akan pernah, Anda tidak akan pernah mengizinkan negara-negara kolonial untuk datang ke desa (kampung) di pedalaman dan pesisir danpasti anda juga membantainya bila terjadi sesuatu. Ini adalah manusia asli (alami) untuk melawan dan kami akan berjuang sampai kami (orang papua asli) semua dibunuh di tanah kami. Jadi saya cukup yakin bahwa itu ada, itu adalah tanggung jawab kita bersama, untuk melindungi identitas kami di Papua. Identitas tidak hanya Melanesia, Polinesia, Mikronesia tetapi identitas kita sebagai mayoritas orang Kristen di kawasan Pasifik. Saya berpikir itu sebabnya kami yakin bahwa itu bagian dari kita, orang-orang kami, semua pulau kawasan Pasifik akan di belakang kami (Orang Papua) untuk mendukung suatu kebebasan. (Sumber: radionz.co.nc)

Disposkan: AWEIDA-News
Share this article :

.

.

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

JESUS IS MY WAY ALONG TIME

TRANSLATE

RENUNGAN HARIAN

VISITORS

Flag Counter

BIRD OF PARADISI

MELANESIA IS FASIFIC

MELANESIA IS FASIFIC

MUSIC

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD

FREEDOM FIGHTERS IN THE WORLD
 
Support : AWEIDA Website | AWEIDANEWS | GEEBADO
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2015. Aweida Papua - All Rights Reserved
Template Design by AWEIDA Website Published by ADMIN AWEIDA